Pages

Sabtu, 29 Agustus 2009

Wasir, Ambeien atau Hemoroid




Di kalangan masyarakat penyakit wasir atau ambeien sudah sangat dikenal. Walau penyakit ini tidak tergolong berbahaya, tati membuat resah bagi yang mengalaminya. Biasanya keluar tonjolan ambeien di muara anus ( dubur ), yang akan di ikuti pendarahan , membuat penderita wasir pucat pasi.
Wasir atau ambeien dalam bahasa kedokteran disebut tabiban hemoroid adalah pelebaran pembulu darah balik (vena) pada poros usus dan anus yang disebabkan karena otot dan pembulu darah sekitar anus kurang elastis sehingga aliran darah terhambat dan membesar.
Penderita biasanya mengeluh apabila mau buang air besar, keluhan yang dialami sbb:
- Ada keluar benjolan dan darah disekitar anus
- ada keluar benjolan dan tak keluar darah
- ada benjolan yang bisamasuk kembali dan ada yang tidak
- rasanya perih, panas, sakit, gatal dan nyeri
semua ini akibat makanan yang masuk tidak bisa dicerna dengan baik, perut terasa kembung, pinggul terasa pegal, duduk kurang nyaman dan jalan tidak dapat terlalu lama.
Faktor utama penyebab timbulnya wasir diantaranya :
- Pola hidup yang tidak sehat.
- Kegemukan, proses penuaan, diare berkepanjangan dan anal seks.
- Sembelit ( konstipasi ), kotoran yang keras menyebabkan seseorang sering mengejang saat buang air besar, kebiasaan jongkok atau duduk terlalu lama.
- Wanita hamil. Dalam keadaan hamil, tekanan rongga perut meningkat lantaran ada janin dalam kandungan, tak jarang diikuti konstipasi, yang berpotensi menderita wasir.
- Kondisi yang sama dapat dialami oleh wanita pasca melahirkan karena mengejang.
Semua orang dapat menderita ambeien tetapi umumnya berusia diatas umur 40 tahun, wanita hamil biasanyalebih rentan terkena ambeien karena otot-otot pinggul semakin tidak elastis karena kehamilan.
Gejala-gejal wasir atau ambeien
Awalnya penderita mengeluh adanya pendarahan yang berwarna merah segar keluar melalui dubur sewaktu buang air besar, bisa menetes atau bisa juga pendarahan yang deras. Jika itu berlanjut biasanya ada sesuatu yang keluar dari dubur yang mula-mula bisa masuk kembali atau dimasukkan, lama kelamaan benjolan tersebut tidak bisa masuk kembali walaupun dibantu dengan tangan dengan demikian klep/penutup dari otot-otot dubur bisa terganggudan ini menyebabkan cairan usus maupun darah bisa keluar sehingga penderita mengeluh ada bercak pada celana dalamnya.
Selain gejala tersebut bisa juga timbul nyeri yang amat sangat, hal ini karena wasir yang keluar terjepit sehingga terjadi jepitan pada pembulu darah dan menimbulkan bendungan yang disertai nyeri yang amat sangat..
Gejala wasir atau ambeien dapat diketahui ringan sampai parahnya, sebagai berikut pembagian berdasarkan gejalanya :
- Terjadinya pendarahan dengan rasa gatal.
- Terjadinya pendarahan dengan rasa sakit dan muncul benjolan kecil, namun tidak mengganggu proses buang air besar / BAB.
- Terjadinya pendarahan ditandai dengan benjolan yang menonjol setelah buang air besar dan tidak dapat masuk sendiri, sehingga harus dibantu untuk memasukkannya kembali.
- Terjadinya pendarahan dengan benjolan besar, tetapi bisa masuk kembali.
- Benjolan tidak bisa masuk kembali walaupun sudah dibantu, karena adanya proses pengerasan dan pembekuan darah, penderita akan sangat merasa kesakitan.




Pengobatan Wasir atau ambeien
Untuk pengobatan penderita wasir yang ringan sbb :
- Banyak minum air untuk menjaga agar usus kita tetap terhidrasi dan tinja cukup lunak sehingga mudah dikeluarkan.
- Makan menu tinggi serat .
- Usahakan BAB secara rutin.
Bagi penderita yang sudah muncul benjolan kecil, cukup oleskan krim yang mengandung kortikosteroid dan bahan anestetik local dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri.
Buah sirsak bisa untuk mengobati ambeien karena banyak mengandung zat gizi dan serat atau konsumsi nanas 4 atau 5 buah setiap hari karena bromelinnya dapat menhentikan pendarahan, serat yang dikandung dapat melancarkan buang air besar.
Ambeien yang lebih berat dapat diatasi dengan cara :
- Mengikat bagian yang bengkak dengan karet agar mati dan lepas dengan sendirinya.
- Operasi mengangkat benjolan tersebut.
- Penyuntikan cairan iritan ( sudah diterima didunia kedokteran ), pembuluh darah yang membengkak akan mengalami pengerutan.
- Transproctoscopic Doppler ultrasound haemorhoidal artery ligation dengan hanya menjalani tindakan pengikatan pembuluh darah arteri yang mengarah ke pembengkakan ambeien.
- Daun wungu karena senyawa flavonoid dalam daun wungu mampu mengurangi pembengkakan atau peradangan.
Pencegahan
Untuk mencegah ambeien agar tidak menghampiri sebaiknya perbaikilah pola makan dengan memperbanyak konsumsi makanan berserat seperti buah plum, bengkoang dan sayur-sayuran karena mengandung serat selulose yang tidak diserap oleh pencernaan sehingga dapat merangsang gerak usus lebih lancer, serat selulose dapat menyimpan air sehingga makanan dapat lebih lunak.
Untuk memilih pengobatan lebih tepat harus diketahui derajat keparahan dari wasir atau ambeien.Bagi ibu hamil untuk menghindari wasir atau ambeien bisa meningkatkan serat dengan cara memakan roti dan cereal, beras merah dan pasta. Asam folic merupakan suplemen tambahan yang ditambahkan dalam makanan ibu hamil, kebutuhannya kira2 sebesar 200 mg perhari.( konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu).

3 komentar:

bisnis pulsa eranet ala jidat mengatakan...

wah lengakp sobb

sukarsi mengatakan...

Wasir? Insya Allah sembuh, kontak di: karsiyang@gmail.com

Anonim mengatakan...

dicoba

 
 

Blogger