Pages

Sabtu, 13 Maret 2010

SELAMATKAN BUMI


(SAMBIL BERHEMAT)


Bumi memiliki kandungan sumber daya alam yang berlimpah. Namun dengan meningkatnya populasi, jumlah sumbar daya alam tersebut menjadi menipis. Jika ingin mewarisi anak cucu kita dengan kehidupan yang layak, maka kita harus selamatkan bumi dengan bijak. Mulailah menyelamatkan bumi denagan menjaga kekayaan alam kita, dan berhematlah dalam menggunakan sumber daya alam demi generasi yang akan datang.

1. STOP PEMBOROSAN KERTAS

Dengan menghemat kertas berarti kita membantu mengurangi penebangan pohon-pohon yang diperlukan untuk pembuatan kertas. Selain itu, kita juga membantu mengurangi polusi dan penggunaan energi yang berlebihan dalam proses produksi, distribusi, dan daur ulang kertas. Mulailah melakukan perubahan-perubahan kecil dengan membiasakan menghemat kertas di kantor, di rumah dan di lingkungan sekitar kita.


2. DUKUNG PRO LINGKUNGAN

Upaya pelestarian bumi tidak harus menjadi suatu pekerjaan yang berat, karena kegiatan sehari-hari sekecil apa pun yang dilakukan dengan memperhatikan dampaknya pada lingkungan akan sangat berarti bagi bumi ini. Misalnya, kita dapat menghemat listrik dan air dengan menyiram tanaman mempergunakan air hujan yang ditampang. Untuk melestarikan bumi kita juga dianjurkan untuk menanam pohon dan tanaman dihalaman rumah kita dengan menghindari penggunaan pestisida kimia dan mengandalkan pupuk alami sebagai gantinya.

3. TINGKAT KONSUMSI ORGANIK

Bercocok tanam secara organik terbukti menghasilkan produk yang lebih aman dan sehat bagi kita. Kegiatan pertanian organik itu sendiri tidak mencemari air tanah, sungai, danau dan lautan serta tidak menimbulkan erosi tanah, bahkan dapat meningkatkan kesuburan tanah dan melindungi keragaman satwa disekitar lahan pertanian. Oleh sebab itu, marilah kita mengkomsumsi hasil bumi organik untuk kesehatan kita dan kelestarian bumi.

4. LESTARIKAN EKOLOGI

Satwa di lautan tidak terkecuali terkena dampak serius dari pencemaran lingkungan. Polusi dan eksploitasi yang berlebihan menyebabkan ikan serta spesies dan tanaman laut tercemar dan bahkan terancam punah. Hal ini menyebabkan para nelayan yang menggantungkan hidupnya pada kehidupan laut terancam kehilangan mata pencarian.

5. AYO DAUR ULANG

Beberapa ancaman terhadap sumber daya bumi di masa mendatang berasal dari benda-benda yang kita buang setiap hari. Oleh karenanya berhati-hatilah bila membuang limbah berbahaya,seperti aki mobil yang telah usang atau berbagai limbah rumah tangga yang dapat mencemari lingkungan. Lebih banyak sampah yang kita buang, lebih luas lahan pembuangan limbah yang di perlukan.dengan mendaur ulang, membuat lubang biopori, mengubah sampah organik menjadi kompos atau menggunakan kembali benda-benda lama; semua ini dapat mengurangi limbah yang menggunung.

6. JALANKAN HIDUP EKOLOGIS.

Pola hidup ekologis sepatutnya kita mulai dari rumah dimana kita tinggal. Banyak hal dapat dilakukan untuk membantu mengurangi polusi dan pemakaian energi serta sumber daya alam. Mulai dari hal kecil seperti seperti mengurangi air buangn kamar mandi dengan memakai toilet yang dilengkapi dengan dua macam buangan air, menggunakan energi panas yang dikeluarkan oleh air conditioning untuk menghasilkan air panas di kamar mandi kita, sampai dengan hal-hal besar seperti memilih pengembangan yang membangun rumah tinggal yang mengacu pada prinsip eko-living.(go green BNI).

11 komentar:

sepur mengatakan...

pertamaxxx....!!

sepur mengatakan...

Betul banget kang, kita harus jaga bumi kita.
jangan lupa tanam satu pohon disekitar rumah kita.
selain asri, itu upaya nyata menyelamatkan bumi dari pemanasan global.

Love4Live mengatakan...

SETUJUUUUUUU!!!

itempoeti mengatakan...

sangat kongkrit!!!

xitalho mengatakan...

Seep...mulailah dari kita sendiri

gajah_pesing mengatakan...

selamatkan gajah....

Alifianty mengatakan...

Betul. Betul. Betul!!!

http://alifianty.blogspot.com/2010/03/badai-matahari.html

riFFrizz mengatakan...

setuju !

genial mengatakan...

kaget saiia kang bgtu masuk gelap gni... kirain masuk rumah sendiri atau malah nyasar... huehehehe.. gag taunya :(

endar mengatakan...

mari selamatkan bumi. mulailah dari hal hal yang kecil..

Obat Herbal Mengobati Jantung Bocor mengatakan...

hayu,,,,setuju pokoknya,,

 
 

Blogger