Pages

Jumat, 13 April 2012

SYUKUR DAN SABAR

Syukur itu adalah tingkatan paling tinggi dan paling luhur sekalipun kita sedang dalam menghadapi derita atau pahitnya cobaan. Karena jika kita membandingkan nikmat-nikmat Allah yang di karuniakan kepada kita yang sangat banyak jumlahnya dengan cobaan yang pernah kita alami maka kita akan dapati bahwa cobaan-cobaan itu kecil di banding nikmat.

Sungguh, seseorang tidak akan masuk surga kecuali dengan rahmat Allah. Tidak layak baginya bersandar kepada amalnya untuk menggapai keselamatan dan mendapatkan derajat tinggi di surga. Karena tidaklah dia sanggup beramal kecuali dengan taufiq Allah, meninggalkan maksiat dengan hidayah dan perlindungan Allah. Semua itu berkat rahmat dan karuniaNya..

Perjalanan hidup terkadang membawamu jatuh dalam berbagai kesulitan yang terasa begitu berat bagimu. Dadamu menjadi sesak. Bumi yang begitu luas terhampar menjadi sempit bagimu.
Jangan sampai keadaan ini membuat dirimu berputus asa..
Bersabarlah..
Ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan itu akan datang kemudahan

Demi Allah, harimu sekarang adalah hari dimana harus terkumpul bekal untuk akhiratmu, baik untuk ke surga atau ke neraka..
Jika engkau menuju Allah, niscaya engkau akan mendapat kebahagiaan dan keberuntungan besar dalam waktu yang singkat dan tidak abadi ini..
Tapi jika engkau dahulukan syahwat, kesenangan dan main-main, niscaya engkau akan mendapat kepahitan yg besar dan abadi..
(Ibnul Qoyyim)

Orang yg mencintai sesuatu takkan melewatkan sedetik pun waktunya untuk mengingat sesuatu itu, Termasuk ketika mengingat kematian yang menjadi paling di ingatnya, Dengan memaknai kematian, berarti kita sangat menghargai arti kehidupan…

Tidak akan bergeser kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai ia ditanya tentang empat perkara; Tentang badannya, untuk apa ia gunakan, tentang umurnya untuk apa ia habiskan, tentang hartanya dari mana ia peroleh dan dalam hal apa ia belanjakan, dan tentang ilmunya bagaimana ia beramal dengannya.” (HR. Tirmidzi, dihasankan oleh Syekh Al Albani).

Sebelum kamu mengeluh tentang rasa dari makananmu, pikirkan tentang seseorang yang tidak punya apapun untuk dimakan. Sebelum kamu mengeluh tidak punya apa-apa, pikirkan tentang seseorang yg meminta-minta dijalanan. Maka hari ini sebelum kamu mengeluh tentang hidupmu, pikirkan tentang seseorang yang tak punya kesempatan beramal dan meninggal terlalu cepat.

Barangsiapa yang berbuat kebaikan, maka kebaikan itu adalah untuk dirinya sendiri dan begitu pula sebaliknya. Jadi masihkah kita menghitung-hitung apa yang sudah kita keluarkan untuk kebaikan. Bukankah semakin banyak jumlah tabungan kebaikan kita, maka akan semakin banyak pula timbangan yang kita peroleh di akhirat kelak ???

Pendeknya waktu dunia dan kenikmatannya yang fana dibandingkan dengan abadinya akhirat dan kenikmatannya, seperti air yang menempel pada jari tangan seseorang setelah dicelupkan di laut dengan banyaknya air laut, sungguh tidak sebanding, yang pasti akan hilang dan punah, maka kita tidak akan mengutamakan yang fana atas yg abadi.

“Apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal.” (QS. Al-Nahl: 96)

============

Syukur dan sabar demikian penting sebagai sarana peningkatan kualitas diri dan keimanan seseorang. Untuk itu marilah kita sama-sama berharap akan pertolongan-Nya, semoga Allah Yang Maha Pemurah, senantiasa menggolongkan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang mampu bersyukur dan bersabar. Syukur atas semua nikmat-Nya, bersabar atas ujian yang ditimpakan-Nya. Amien.

10 komentar:

Xitalho.com mengatakan...

Syukur dan sabar.... sesuatu yg mudah diucap namun manusia sering lupa...

Great writing

Indonesian Strong from Home mengatakan...

melihat apa yg kita punya en gag ngliat apa yg gag kita punya.. langkah awal buat bersyukur :)

rudis mengatakan...

Mas Xitalho@ benar sekali manusia itu tempatnaya pelupa.
Indonesia@ kadang manusia sudah untuk menyadarinya

Outbound di Malang mengatakan...

nice post :)
ditunggu kunjungan baliknya yaah ,

karangan bunga mengatakan...

Kapan ya aku bisa kesana menunaikan ibadah haji..moga2 soon, nice post..

Rangkaian bunga mengatakan...

Semoga kita bisa menjaadi orang yang sabar yah, Aamiin

tour and travel disurabaya mengatakan...

sukses terus buat blognya..

Obat Herbal Kanker Rahim mengatakan...

sip,,,makasih inspirasinya,,,,

pess 2013 mengatakan...

Artikelnya bagus gan, makasih buat ingin telah berbagi informasinya semoga bermanfaat buat kita semua

abdul syukur mengatakan...

nice :)
OBAT GERD
OBAT ITP
OBAT MIOM AMPUH
SUPLEMEN UNTUK MATA
OBAT KONDILOMA
PENGOBATAN HERBAL ALAMI
OBAT ALAMI TERBAIK
OBAT HERBAL KISTA
OBAT KANKER SERVIKS
OBAT KEPUTIHAN
OBAT ANAK HERBAL

 
 

Blogger