Pages

Jumat, 09 Oktober 2009

BATIK CITRA BUSANA INDONESIA


Batik adalah warisan budaya Indonesia sejak dulu yang sangat menarik untuk diperkenalkan dan dikembangkan keseluruh dunia, karena corak dan pembuatannya yang sangat unik. Apalagi bahan dan peralatannya sangat sederhana, perlu ketelatenan. Tapi sayangnya kita kurang merespon kebudayaan itu, malah asyik dengan meniru kebudayaan orang lain.

Masyarakat kita kadang banyak yang kurang respon dengan kebudayaannya dan pemerintahpun demikian juga, oleh sebab itu banyak kebudayaan kita yang dipelajari oleh negara lain dan mau dihak patenkan oleh negara lain.


Kebudayaan Indonesia yang beranekaragam menjadi aset negeri ini, tetapi penghargaan terhadap khasanah bangsa ini sangat kurang. Masyarakat yang kurang melestarikannya dan kurangnya perhatian dari pemerintah. Ketika Negara lain mencaplok dan mempatenkan budaya kita, rasa peduli dan memiliki pun timbul disetiap hati anak bangsa ini. Kesadaran itu muncul setelah budaya itu dirampas di depan mata kita. Kalau saja kita mau introspeksi diri, semua terjadi karena kesalahan bangsa ini yang tidak pernah menghargai warisan peninggalan leluhurnya.

Dalam pertumbuhan negara modern kita semua selalu mengagung-agungkan budaya orang lain, sedangkan kita lupa dengan budaya sendiri. Fenomena anak muda Indonesia saat ini yg enggan menggunakan batik yang katanya dianggap kuno dan berkesan tua. Sedangkan busana dari Negara lain yang jauh dari nilai ketimuran justru di gemari dan dianggap gaya dan modern.

Tapi kita wajib bersyukur dengan di kukuhkannya batik sebagai warisan budaya Indonesia pada tanggal 2 oktober 2009 oleh UNESCO, semoga kebudayaan Indonesia yg tersebar dari sabang sampai marauke bisa di patenkan, sehingga tidak ada lagi klaim dari Negara lain.

4 komentar:

gajah_pesing mengatakan...

Saia bangga memakai batik

Blog Sersan mengatakan...

harus kang siapa lagi kalau bukan kita yang lestarikan

Pradna mengatakan...

saya belum mampu beli batik,
tp untung masih ada batik warisan nenek moyang saya

(lho, rak mbingungi, komentar iki)

xitalho mengatakan...

WOKE.. AKU WINGI BAR DI WEHI BATHIK.... (dance)

 
 

Blogger