Pages

Jumat, 30 Oktober 2009

MANFAAT ZAKAT

Tujuan dan hikmah mengeluarkan zakat itu banyak. Di antaranya dapat membantu umat Islam yang fakir dan miskin . mengeluarkan zakat adalah sebagai tanda syukur atas nikmat Allah. Kemewahan dan kesenangan hidup melalui karunia harta yang banyak merupakan amanah dari Allah.

Jika seseorang tidak bersyukur atas harta yang diberikan itu maka harta yang banyak akan menyebabkan menjadi lebih sesat, oleh karena itu wajiblah kita mensyukuri nikmat tersebut dengan mengeluarkan zakat dalam kadar dari harta itu.

Mengeluarkan zakat fitrah juga dapat membersihkan hati dari kebathilan, seseorang yang telah berusaha, bersusah payah dan bekerja keras mencari harta tentunya sayang dengan harta yang dikumpulkannya itu maka tampak sifat bathil dalam dirinya . Ia takut dan enggan untuk membayar zakat karena jika zakat dikeluarkan harta mereka akan berkurang. Ini merupakan sifat yang amat merugi , padahal Allah SWT akan menambahkan hartanya. Sebagai firman Allah di dalam QS, Ibrahim ayat 7 : “Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti kami akan menambah (nikmat kepadamu).”

Membayar zakat dapat mensucikan harta kita . terkadang dalam mencari harta tersebut diperoleh dari jalan yang tidak bersih ataupun hal lainnya . jadi jika kita mengeluarkan zakat berarti kita mengeluarkan hartanya dari sumber-sumber yang tidak bersih dan yang tinggal adalah hartanya yang bersih dan hartanya yang bersih dan halal dari hasil keringatnya sendiri.

Allah SWT berfirman menganai peranan zakat yang menyucikan harta di dalam QS, At-Taubah ayat 103 : “ Ambillah zakat dari sebahagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka.”

38 komentar:

itempoeti mengatakan...

pertamaaaxxx disik...

Love4Live mengatakan...

aku keduaaaxxx yo rapopo...

itempoeti mengatakan...

klu zakat ilmu boleh gak?

Love4Live mengatakan...

jika semua ingat bahwa harta itu sekedar hanya titipan... maka perihal zakat tak lagi perlu diingatkan bahkan diatur minimalnya...

sepur mengatakan...

zakat sebenarnya tidak memberatkan, namun kadang kita mengabaikannya, padahal didalam harta kita ada sebagian haknya orang lain yang harus kita berikan.

suryaden mengatakan...

benar juga, ngapain tuhan ngasih perintah kalo nggak ada gunanya ya...

novi cuk lanang mengatakan...

alhamdulillah. udah zakat. tinggal mal nya yg bingung ngitungnya.

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

saya keberapaksss.??

zakat, jangan lupa dibayar, supaya amal ibadah komplit!

Anonim mengatakan...

Yayaya...manusia tuw kyk btre..klu ga dicas..imane lgsung ngedrop..yg 1 ini jg kdu di ingatkn..krna yg sdkit itu pengaruh na jstru tdk sedikit sprti yg sdah kta tunaikn..

Cara Membuat Blog mengatakan...

terima kasih mas, sudah diberitahu sekaligus diingatkan pentingnya dan manfaatnya berzakat ..

Cara Membuat Website

Black Angel mengatakan...

Saya sering melihat tayangan di Teve
terutama ceramah Ustadz Yusuf Mansyur
Bahwa Zakat itu tak membuat kita miskin
tapi semakin kaya

DV mengatakan...

Tulisannya menarik, Mas...
Salam kenal (kalau boleh usul, warna fontnya dibikin lebih terang dong)

arifudin mengatakan...

dengan zakat maka kta akan merasa lebih dekat dg sang Khaliq ;)

xitalho mengatakan...

Top banget artikelnya ....

Sangat mencerahkan.....

andry sianipar mengatakan...

salam super,,
memang potensi zakat sangat luar biasa,,, hidup zakat ... mari bangun kesejahteraan ummat

gaelby mengatakan...

assalamu'alaikum wr.wb.

thanks saudaraku, Pencerahannya sangat positif. dzadjakumullah khairan, good luck !

Wassalam

Blog Sersan mengatakan...

itempoti@ lebih bagus
novi@ 2,5%
dv@ kenal balik
gaelby@ walaikum salam

gajah_pesing mengatakan...

dengan zakat tidak akan pernah membuat kita melarat

Pradna Jogloabang mengatakan...

mari berzakat...betapapun jelatanya kita

karena insya Allah akan mencukupkan kebutuhan kita :)

IKHSAN mengatakan...

2.5 % kecil tapi, kadang2 berat untuk mengeluarkannnya ....

luxsman mengatakan...

ada yang bilang biasanya karo ada barang yang hilang, brarti kurang shodakoh.....

Blog Sersan mengatakan...

Luxsman@ itu betul karena allah akan mengambil dengan paksa misal dirampok, Dicuri dsb

annosmile mengatakan...

mari berzakat....
dan jangan sampai dana zakat disalahgunakan

endar mengatakan...

matur nuwun pak ustadz atas ilmu zakatnya..

suwung mengatakan...

ayyooo berzakat

Cara Membuat Blog mengatakan...

Zakat itu wajib bagi yang mampu, membayar zakat juga merupakan pensucian harta kita,
iya benar, jika kita mensyukuri nikmat yang diberikan kepada allah, maka allah akan menambah nikmat kepada kita,
dan dengan zakat itu termasuk kita bersyukur kepada allah atas kenikmatan yang diberikan kepada kita!
Cara Membuat Blog

Ikutan Ngeblog mengatakan...

Jika dibiasakan bersodakoh disaat mempunyai rizki, pasti untuk zakat pun akan biasa aja, dan tidak akan merasa keberatan!

Triunt mengatakan...

Alhamdulillah, babe selama ini masih disiplin bayar zakat untuk keluarga.
suatu saat pengin bayar zakat sendiri :)
Amiiin.

ihwan mengatakan...

manfaat zakat memang besar sekali.
salam kenal juga

Didien® mengatakan...

subhanallah...postingan yg bermanfaat sekali kang...
trimakasih atas kunjungannya ke blog sederhana saya..


salam, ^_^

Blog Ijo mengatakan...

setuju banget tuh..
jangan sampe dipaksa buat zakat,
zakat kan untuk membersihkan harta, ibarat kaya kotoran di dalam tubuh harus dibuang, kalo tersimpan lama di tubuh malah jadi penyakit, alhasil harus terpaksa dikeluarka secara medis.

Caride™ mengatakan...

mudah²an saya menjadi salah satu umat yg mencintai zakat...amin

d-Gadget™ mengatakan...

banyak manfaat yg kita peroleh dari ber-Zakat..betul kan mas?

gajah_pesing mengatakan...

update-update

andtheree mengatakan...

Mari berzakat..

yani mengatakan...

kapan lagi kalau tak dimulai dari sekarang mari berzakat

anno mengatakan...

mari kita berzakat
demi berbagi dengan sesama

Anonim mengatakan...

I recommend to look for the answer to your question in google.com

 
 

Blogger