Pages

Selasa, 06 Oktober 2009

IDUL ADHA


Idul Adha 1430 Hijriyah sedianya akan di peringati pada tanggal 27 November 2009. Sepertinya peringatan Idul Adha pada tahun ini tidak jauh berbeda dari tahun – tahun sebelumnya. Namun, yang jadi catatan disini adalah peringatan Idul Adha biasanya lebih ramai jika di bandingkan Hari Raya Idul Fitri. Entah faktor apa yang menyebabkan demikian, padahal kalau kita fikir-fikir hari raya Idul Fitri itu lebih lama di banding Idul Adha. Apakah mungkin karena adanya pemotongan daging sapi maupun kambing.
Kalau memang benar ramainya peringatan Idul Adha ini karena daging sapi dan kambing, betapa sedih mendengarnya. Karena, secara tidak langsung bisa diketahui bahwa terdapat perbedaan yang jauh antara si kaya dan si miskin di negara kita. Yang pasti makin banyak yang berkorban, jelas makin bertambah orang kayanya. Dan otomatis bertambah juga orang yang kekurangan dan membutuhkan.
Di sisi lain, ada kemungkinan kalau pada saat Idul Adha ini banyak orang yang tidak pulang kampung seperti pada saat Hari Raya Idul Fitri. Kalau Idul Fitri kan rata-rata orang pada ingin kumpul sama keluarganya, baik itu orang tua maupun saudara. Apalagi pada waktu itu saudara yang kebanyakan merantau juga ke daerah lain pada pulang. Buat yang udah lama gak ketemu jadi bisa saling melepas rindu deh.
Hal yang sering terjadi juga pada peringatan Idul Adha ini adalah banyaknya orang-orang yang mengadakan syukuran karena keluarganya ada yang berangkat ke tanah suci untuk beribadah haji. Biasanya syukuran di laksanakan sebelum hari Idul Adha. Selain syukuran juga pembacaan do’a selamat untuk yang akan bepergian.
Jadi, apapun yang akan terjadi nantinya, menurut perkiraan banyak orang, Hari Raya Idul Adha tahun ini akan lebih ramai dari pada Idul Fitri. Kita buktikan aja, apa yang bakal terjadi.

2 komentar:

xitalho mengatakan...

mampir mas... pa khabar...??

sarasehan mengatakan...

emang udah mau hari raya lagi yaa...??

 
 

Blogger